a Jenis-jenis jamur konsumsi di sekitar kita --> Skip to main content

Jenis-jenis jamur konsumsi di sekitar kita

Jamur yang tidak berbahaya di konsumsi
Itu apa aja sih? Pasti pernah ada pikiran seperti itu ya?, apa kah jamur di sekiyarkita berbahaya atau tidak jika di makan, maka kita akan bahas nya berikut ini dalam jenis-jenis jamur konsumsi.

Jamur yang bisa di konsumsi


   Beberapa jamur dibawah ini merupakan jenis jamur yang bisa dimakan atau dikonsumsi oleh manusia. Tak jarang beberapa masakan sering kali menggunakan jamur-jamur ini.

1. Jamur Tiram
    Jamur yang dapat dimakan yang pertama yaitu jamur tiram. Jamur tiram memiliki nama ilmiah Pleurotus ostreatus, bentuknya yang seperti cangkang tiram laut inilah yang membuat jamur ini disebut dengan jamur tiram. Jamur ini biasanya dipelihara dengan media tanam serbuk gergaji steril yang dikemas dalam kantung plastik.

2. Jamur Kancing
    Jamur kancing juga merupakan salah satu jamur yang sering dijadikan olahan masakan. Hal ini dikarenakan jamur kancing adalah jamur yang baik dan bisa untuk dimakan. Bentuknya yang bulat dan seperti kancing inilah yang menjadikan jamur ini terkenal dengan sebutan jamur kancing. Nama ilmiah dari jamur kancing adalah Agaricus bisporus, jamur ini udah dibudidayakan di Perancis pada abad ke-17.
    Jamur kancing memiliki tiga jenis warna yang berbeda yaitu putih, krem, dan coklat muda. Banyak sekali masakan yang berbahan dasar dari jamur kancing ini, karena rasanya yang enak dan juga punya manfaat yang luar biasa. Kandungan vitamin dan mineral inilah yang memuat jamur kancing baik untuk dimakan.

Jamur yang dapat di konsumsi oleh manusia. 

3. Jamur Shiitake
    Jamur shiitake merupakan jamur yang terkenal di negara Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. Jamur ini memiliki nama ilmiah Lentinus edodes. Jamur shiitake sering sekali kita temukan pada makanan Jepang dan Korea, dan juga pada olahan masakan lainnya.

4. Jamur Merang
    Jamur merang juga termasuk jamur jenis-jenis jamur konsumsi yang sering sekali diolah menjadi makanan dan dapat dimakan. Jamur ini mudah ditemukan di pasar dan dijual segar maupun sudah diawetkan dalam gelas atau kantung plastik. Jamur ini merupakan salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur ini memiliki nama ilmiah Volvariella volvaceae.

    Jamur merang memiliki rasa lebih enak dari jamur yang lainnya karena teksturnya lebih lembut dan baik. Manfaat jamur merang sendiri tak kalah dengan jenis jamur lainnya yaitu mengandung protein yang cukup tinggi.

5. Jamur Kuping
    Jamur yang banyak dipakai untuk masakan Tionghoa, terdiri dari jamur kuping putih (Tremella fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularia polytricha) dan jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae).

Apa kalian udh tau jenis jamur yang bisa di konsumsi? 

6. Jamur Enokitake
    Bentuknya panjang berwarna putih seperti tauge. Tumbuh di batang pohon berdaun lebar, di tempat yang sejuk. Meskipun dapat dikonsumsi, jamur ini diangap sebagai hama bagi beberapa tanaman pertanian. Jamur yang tumbuh alami dan hasil budidaya dapat berbeda, baik warna, bentuk, maupun rasanya. Jamur ini digunakan untuk berbagai masakan, seperti masakan Jepang, Korea, Vietnam, dan Tiongkok.
Nama ilmiah Flammulina velutipes

7. Jamur Matsutake
    Jamur ini termasuk yang langka. Di Jepang, menjadi jamur yang sangat mewah dan mahal. Penyebabnya adalah karena belum bisa dibudidayakan. Tumbuhnya liar, di permukaan tanah hutan pinus. Ada juga yang hidup di hutan yang ditumbuhi pinus hitam Jepang. Jamur matsutake biasa disantap dengan cara dipanggang atau dimasak bersama beras, menjadi nasi matsutake. Nama ilmiah jamur matsutake Tricholoma Matsutake.

Nah itulah jamur-jamur konsumsi yang berada di sekitar kita atau yang di perjual belikan. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar