a Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam. --> Skip to main content

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.


Cara Membuat hand sanitizer mandiri dengan menggunakan bahan alam yang tentu saja lebih baik dari pada kita beli di apotek ataupun toko alat kesehatan. karena sebenarnya, membuat hand sanitizer dari bahan alam ini lebih aman, baik itu untuk kulit atau organ tubuh pada orang.

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.


Seperti kita ketahui bahwa dengan adanya virus Covid-19 atau Corona, yang menyerang seluruh negara di belahan dunia ini atau rata-rata, menjadikan alat pelindung bukan hanya masker saja yang langka, melainkan hand sanitizer juga menjadi sulit di dapat.

Selain sulit di dapat, harga nyapun pembersih tangan itu pasti akan mahal sekali, dari harga sebelum terjadiya virus Corona yang menerjang dan masuk ke negara Indonesia kita ini.

Dari pada itu kita semua, sebagian dari masyarakat Indonesia yang berfikir kreatif dan membuat hand sanitizer dengan cara mandiri, dengan menggunakan bahan alam yang tentu saja tidak terlalu sulit didapatkan.

Bahan Alam untuk Membuat Hand Sanitizer Di Rumah

mengacu dan Sesuai dengan yang di anjuran dari pemerintah, untuk mencegah penyebaran virus dan membunuh virus Corona itu maka kita harus menjaga kebersihan dan sealu mencuci tangan, baik itu memakai sabun, antiseptik dan hand sanitizer yang akan kita buat sendiri.

Nah maka dari itu kita akan membuat hand sanitizer dari bahan alam, yang akan kita berikan paduan nya.

Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Cara membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam adalah dari sirih dan kulit rambutan. Yang pertama kita lakukan dan siapkan dulu yaitu dua bahan alam tersebut, kemudian kita siapkan botol spray sebagai wadahnya atau tempatnya.
Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.






Setelah bahan yang kita butuhkan sudah siap, maka selanjutnya daun sirih dan kulit rambutan kita rebus, namun jangan di rebusbersamaan, karena yang akan kita ambil adalah ekstrak dari bahan-bahan alam tersebut.

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.Lalu setelah kita dapatkan kedua ekstrak tersebut, maka selanjutnya dicampurkan ke dalam botol spray yang sudah kita diisi air secukupnya. kita juga dapat menambahkan minyak zaitun secukupnya agar supaya memberi efek halus ke kulit atau tangan kita.

Daun sirih ini memiliki sifat antiseptik dan bisa membunuh kuman atau bakteri. Sedangkan ektra yang terdapat pada kulit rambutan mempunyai sifat antioksidan.

Dan jika kulit rambutan tidak ada, kita bisa ganti dengan memakai kulit dari buah manggis, sebab  kedua buah ini mempunyai sifat yang sama.

Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Daun kemangi dan lidah buaya ini juga bisa dijadikan hand sanitizer alam. Pasalnya, sama seperti daun sirih, daun kemangi juga memiliki sifat antiseptik alam, serta lidah buaya mempunyai sifat antioksidan alam.


Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.Cara membuat hand sanitizer dari bahan bahan alam tersebut adalah dengan cara, kupas terlebih dulu lidah buaya lalu Kemudian dihaluskan dengan berbarengan daun kemangi,kita bisa memakai blender atau kita tumbuk. Setelah proses penghalusan selesai, lalu kita akan saring untuk memperoleh  air atau ekstraknya.

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.Untuk menambah aroma wangi, kita dapat melarutkan bubuk daun jeruk dengan cara menggunakan air secukupnya. Setelah itu, kita akan campur bubuk daun jeruk tersebut dengan plus air dengan ekstrak dua bahan tersebut.

setelah proses di atas selesai makan kita tinggal masukkan ke dalam botol spray, dan siap kitadigunakan untuk membersihkan tangan ataupun barang.

Minyak Esensial dan Lidah Buaya

Membuat hand sanitizer selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan minyak esensial dengan plus lidah buaya. Untuk membuatnya pun tidak serumit atau sulit.

Kita Cukup dengan mencampurkan minyak esensial tersebut dan lidah buaya yang sudah jadi gel ke dalam botol spray yang sudah kita diisi dengan alkohol.
Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.

Mengapa kita harus menggunakan alkohol? karena fungsu minyak esensial tadi adalah untuk melembutkan kulit, dan tujuan alkhol adalah untuk membunuh kuman, tetapi kita bisa memakai dengan kadungan alkohol 60%.

Menggunakan Lemon

Bahan lainnya yang bisa kita jadikan hand sanitizer adalah buah lemon. Buah yang ini di dalamnya mengandung asam yang tinggi.
Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.

Sedangkanuntuk  cara membuat hand sanitizer dari bahan lemon, yaitu pertama buah tersebut harus kita peras terlebih dulu, lalu setelah itu perasan lemon kita campur dengan air secukupnya dan dimasukkan ke dalam botol spray yang sudah kita siapkan.

Dan Ternyata buah lemon itu selain bisa kita jadikan hand sanitizer alami yang bisa membasmi kuman yang ada di tangan, tapi juga dapat menjadikan tangan dan kulit tetap cerah dan lembut.

Cairan Pakai Cuka Putih (Makanan)

Cuka putih bukan hanya enak dijadikan sebagai bahan pelezat pada makanan . Namun, ternyata bahan ini bisa dipakai untuk membuat hand sanitizer alam atau lepih mudah nya kita dapat mendapatkannya dengan praktis.
Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam.

Untuk Cara membuatnya pun sangat mudah, kita tinggal mencampurkan cuka putih dengan sedikit air, kemudian masukkan ke dalam botol spray yang sudah kita siapkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik atau menjaga kualitas, simpan lah terlebih dulu di lemari pendingin atau kulkas.

Bukan hanya itu, dan ternyata bahan ini juga tak beracun serta dapat terurai sekaligus, dan menjadikannya ramah lingkungan.

Beberapa penelitianpun menunjukkan, bahwa cuka putih memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Sehingga, ia dapat membantu membunuh bakteri, plus juga bisa dijadikan disinfektan yang mudah didapat dan juga efektif.

Cara Lain Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alam

Selain cara-cara yang sudah kita sebutkan di atas, masih bnyak dan ada tips lainnya yang bisa digunakan untuk menjadikan hand sanitizer di rumah.

Bahan yang perlu kita disiapkan diantaranya adalah lidah buaya, cuka putih, minyak atsiri, colloidal silver, dan alkohol.

Baca juga;  Ini dia Langkah-langkah perlindungan dasar terhadap virus corona
Baca juga; 10 Fakta Kesehatan yang Akan Membuat Kamu Kaget



Minyak atsiri mempunyai kegunaan dan kualitas sebagai antibakteri, antijamur, serta antimikroba. Sedangkan untuk bahan colloidal silver terkenal sebagai antibiotik alami dan antimikroba.

Selanjutnya untuk membuat hand sanitizer dengan menggunakan alkohol juga sudah sesuai dengan saran dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Karena, alkohol dengan kandungan lebih dari 60 persen merupakan paling efektif untuk membunuh kuman dan bakteri atau yang lain.

Lalu bagaimana cara kita membuatnya? Pertama siapkan 120 ml atau lebih mudahnya setengah gelas air lidah buaya yang sudah disaring.

Selanjutnya siapkan pula cuka putih sebanyak 120 ml, 10 sampai dengan 12 tetes minyak atsiri, dan selanjutnya satu sendok makan colloidal silver serta isopropil alkohol.

jika semua bahan sudah lengkap dan sudah siap tinggal kita campurkan dan kita masukan ke dalam botol spray agar lebih mudah dalam penggunaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar