a 7 Tips Dan Trik Cemerlang tentang Cara Mendapatkan Tidur Lebih Nyenyak --> Skip to main content

7 Tips Dan Trik Cemerlang tentang Cara Mendapatkan Tidur Lebih Nyenyak

7 Tips Dan Trik Cemerlang tentang Cara Mendapatkan Tidur Lebih Nyenyak

Menurut American Sleep Association (ASA), 50-70 juta orang di AS memiliki beberapa jenis gangguan tidur. Insomnia adalah gangguan yang paling umum, diikuti oleh apnea tidur obstruktif dan mendengkur.

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah jantung, obesitas, diabetes, asma, radang sendi, depresi, dan penyakit ginjal kronis.

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda, tetapi untuk berfungsi dengan baik di siang hari, Anda membutuhkan setidaknya 5-6 jam tidur. Ini adalah ketika tubuh mengalami regenerasi dan istirahat yang dalam, dan otak memproses informasi yang diserapnya sehari sebelumnya.

Lihatlah tujuh tip berguna berikut ini tentang cara mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan bangun dengan cukup istirahat dan merasa hebat di pagi berikutnya.
7 Tips Dan Trik Cemerlang tentang Cara Mendapatkan Tidur Lebih Nyenyak

1. Lepaskan Semua Barang Elektronik Dari Kamar Tidur
Ingin tahu cara tidur nyenyak tanpa gangguan? Jangan tidur di kamar yang penuh dengan perangkat elektronik.
Tidak hanya mengganggu, tetapi mereka juga memancarkan cahaya biru yang dapat menghambat kemampuan Anda untuk tertidur. Belum lagi layar memberi tekanan besar pada mata Anda dan membuat otak Anda tetap aktif untuk memproses informasi yang tidak dibutuhkan padasaat menjelang tidur.
Baca juaga'Begini Jika anda Sering dekat smartphone
2. Tingkatkan Produksi Melatonin Anda
Melatonin adalah hormon yang diproduksi tubuh Anda pada malam hari yang bertanggung jawab untuk membuat Anda mengantuk. Salah satu alasan mengapa Anda tidak cukup tidur nyenyak bisa jadi anda kekurangan melatonin.

Ini dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh dan menyebabkan sejumlah masalah fisik dan mental seperti depresi, masalah jantung, dan berkurangnya fokus dan produktivitas.

Tubuh biasanya mulai memproduksi melatonin paling banyak sekitar jam 9-10 malam. Dalam kondisi normal, ini adalah saat Anda mulai mengantuk dan mengantuk. Namun, jika kadar melatonin Anda rendah atau terganggu, cobalah untuk mengonsumsi suplemen untuk membantu menyeimbangkannya. Anda juga harus mencoba tidur di ruangan yang benar-benar gelap dan menghapus semua sumber cahaya sebelum tidur.

3. Hindari Kafein Sebelum Tidur
Jika Anda pergi tidur pada waktu yang tepat dan akan tetapi kesulitan tertidur, kopi mungkin penyebabnya. Lihatlah jumlah kafein yang Anda konsumsi pada siang hari dan lihat jam berapa anda  terakhir minum kopi.
Baca juga'lebih baik kopi atau teh lebih Bagus? kesehatan
Kafein adalah zat yang kuat dan tubuh perlu beberapa jam untuk mengeluarkannya dari sistem. Misalnya, jika Anda minum kopi terakhir pada jam 4-5 sore, tubuh Anda mungkin masih mengandung kafein pada jam 10-11 malam. Beberapa orang memetabolisme kafein lebih cepat, dan yang lain lebih lambat.

Untuk melihat apakah kopi memengaruhi tidur Anda, lakukan percobaan dan kurangi konsumsi Anda atau hilangkan sama sekali. Anda dapat minum kopi tanpa kafein di siang hari untuk membantu Anda bertransisi, tetapi beberapa teh dan minuman berenergi juga mengandung kafein, jadi berhati-hatilah.

4. Buat rutinitas sebelum tidur
Anda benar-benar dapat belajar cara tidur lebih mudah dan tidak dengan menghitung domba. Perhatikan kebiasaan Anda beberapa jam sebelum tidur. Apakah bermain media sosial? Apakah Anda minum kopi di malam hari?
Baca juga'Bahaya jika Tidur Terlalu Lama, Ini Akibatnya
Kegiatan-kegiatan ini dapat merangsang tubuh dan otak Anda secara berlebihan, sehingga sulit untuk tertidur. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu membuat rutinitas sebelum tidur.

Rutinnitas mencakup kegiatan relaksasi dan merapikan tempat tidur, dan Anda harus tidur pada waktu yang sama setiap malam, termasuk akhir pekan.


5. Dapatkan Kasur Baru atau Tempat yang Nyaman
Salah satu alasan paling umum mengapa Anda tidak bisa mendapatkan kualitas tidur adalah bantal dan kasur tua yang berkualitas rendah.

Bantal yang terlalu lunak dan tidak memberikan dukungan yang cukup untuk kepala dan leher dapat menyebabkan masalah pernapasan dan gangguan tidur. Kasur yang tidak menopang punggung yang bahannya terdiri dari bahan dengan kepadatan rendah dapat menyebabkan masalah punggung dan lain sebagainya.

Kasur terbaik terbuat dari busa memori dengan kepadatan tinggi yang dapat bernapas, beradaptasi dengan berat dan bentuk tubuh Anda, dan cukup kuat untuk bertahan dari bolak-balik Anda.

6. Sinkronisasi Siklus Tidur Anda
Tidur terjadi dalam beberapa siklus, tetapi tidak semuanya tidur nyenyak. Satu siklus panjangnya sekitar 90-120 menit dan ada 4-5 dalam satu siklus tidur lengkap.
7 Tips Dan Trik Cemerlang tentang Cara Mendapatkan Tidur Lebih Nyenyak

Anda mendapatkan kualitas tidur terbaik pada jam 11: 00-2: 00, yang berarti jika Anda tidak di tempat tidur pada jam 11, Anda secara otomatis mengganggu siklus tidur Anda. Juga, 8 jam tidur dari jam 11 malam sampai jam 7 pagi tidak memiliki kualitas yang sama dengan tidur dari jam 1 pagi sampai jam 9 pagi.

Ingin tahu persis berapa banyak tidur nyenyak yang Anda butuhkan per malam? Gunakan kalkulator siklus tidur atau jam alarm yang melakukan ini untuk Anda. Anda seharusnya tidak terbangun di tengah siklus, yaitu menyela, karena ini menyebabkan rasa pening dan kelelahan. Lakukan siklus tidur lengkap karena dengan cara ini, tidak peduli berapa jam Anda tidur, Anda akan bangun dengan cukup istirahat.


7. Kurangi Tingkat Stres Anda
Stres adalah musuh kesehatan mental dan fisik Anda, dan akibatnya, mengganggu tidur Anda. Jika Anda memiliki pekerjaan yang penuh tekanan atau Anda sedang mengalami kesulitan pribadi dan tidak cukup istirahat, tidur Anda akan menderita.

Otak memproduksi hormon stres yang membuat sistem saraf terlalu waspada, bahkan di malam hari. Ketika stres mencapai titik puncak, Anda akan mulai semakin kurang tidur dan bahkan mungkin berjuang dengan insomnia.
7 Tips Dan Trik Cemerlang tentang Cara Mendapatkan Tidur Lebih Nyenyak

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi stres adalah bermeditasi selama 10-15 menit sebelum tidur. Anda juga dapat melakukan yoga ringan, mendengarkan musik yang menenangkan, minum teh Valerian, atau melakukan rutinitas sebelum tidur.

Silahkan anda Gunakan Tip-Tip Ini Untuk Mempelajari Cara Mendapatkan Tidur Lebih Dalam.
Kualitas tidur sangat penting untuk kesejahteraan kita. Kurang tidur dapat menyebabkan kabut otak, mengurangi produktivitas, lekas marah, dan depresi.

Jika Anda menderita insomnia atau bertanya-tanya bagaimana cara tidur lebih nyenyak, tips ini akan membantu Anda mengatur pola tidur Anda.

Baca juga'*Apa itu Kolostrum? Nutrisi, Manfaat, dan Kerugiannya
                 *Apa itu depresi? Pernahkah Anda merasa kan nya?
                 *10 Fakta Kesehatan yang Akan Membuat Kamu Kaget
                 *Kenali Makanan untuk Mendapatkan Vitamin A hingga K dalam Diet Anda
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar